Keluhan yang Biasa Dirasakan oleh Ibu Hamil

  • 25 September 2019
  • 21 views
Keluhan yang Biasa Dirasakan oleh Ibu Hamil Keluhan yang Biasa Dirasakan oleh Ibu Hamil

Jika seorang wanita positif hamil, bersiaplah dengan perubahan pada tubuh. Perubahan tak dapat dihindari, setidaknya pada perut yang membesar seiring perkembangan janin dalam rahim.

Ketika terjadi perubahan ini, hampir setiap wanita merasa tidak nyaman. Mereka, misalnya, mengalami sakit pinggang dan punggung setelah berjalan, membungkuk, mengangkat barang atau berdiri.

Keluhan umum lainnya ialah kram pada kaki dan perut. Pada kram jenis kedua, banyak ibu yang khawatir adanya kondisi berbahaya seperti keguguran. Padahal, kram perut saat hamil adalah normal.

Banyak faktor yang memicu kram pada perut. Salah satunya, perubahan ukuran rahim. Saat hamil, perkembangan janin di dalam kandungan akan membuat ukuran rahim semakin membesar seiring bertambahnya usia kehamilan. Untuk mendukung perkembangan rahim, jaringan ikat atau ligamen yang menghubungkan tulang panggul dan rahim akan meregang sehingga rahim terasa kencang.

Ketidaknyaman lainnya yang membuat ibu hamil kerap mengeluh ialah sembelit. Ini biasanya disertai dengan kebiasaan buang air besar tak teratur dan wasir. Masalah ini umumnya merupakan akibat dari perlambatan dalam gerakan makanan melalui sistem gastrointestinal dan perlamabatan pencernaan zat besi sebagai suplemen.

Adapun ibu hamil yang sudah berusia cukup tua biasanya merasakan neyri ulu hati. Nyeri ulu hati dapat dimulai pada awal kehamilan dan kadang semakin hebat seiring dengan perkembangan janin dalam rahim.

Nyeri ini disebabkan oleh refluks (mengalir ke atas) asam lambung ke dalam esofagus dan perubahan hormonal kehamilan. Selama kehamilan, tubuh menghasilkan hormon yang dapat merilekskan otot-otot involunter yang normalnya mencegah asam lambung untuk mengalir kembali ke dalam esofagus. Namun karena otot-otot tersebut tidak melakukan fungsinya sebagaimana biasanya, maka seorang ibu hamil biasanya mengalami nyeri ulu hati ketika rahim yang membesar menekan lambung dan sebagian usus.

Pada dasarnya, keluhan di atas dapat diatasi dengan berbagai cara. Untuk sakit punggung, misalnya, ibu hamil harus mewaspadai mengangkat benda berat. Walau itu harus dilakukan, kerjalanlah dengan tepat, dengan lutut tertekuk dan punggung lurus. Adapun sakit pinggang dapat diatasi dengan istirahat, menjaga berat badan, olah raga ringan dan mengkonsumsi analgesik seperti asetaminofen.

Bagi ibu yang merasakan kram perut, hindari melakukan gerakan tiba-tiba saat kram melanda. Bungkukkan badan ke arah sumber sakit untuk membantu meredakan nyeri. Ibu juga dianjutkan minum air yang cukup lantaran dehidrasi bisa memicu timbulnya kontraksi palsu (braxton hicks).

Bagi ibu yang mengalami sembelit, ia dapat meningkatkan suplai cairan pada tubuhnya. Ia juga dianjurkan melakukan olah raga ringan tiga atau empat kali seminggu. Untuk makanan, banyak dokter yang menyarankan penggunaan sari buah prune atau laksatif ringan, seperti susu magnesia.

Sementara nyeri ulu hati dapat diminimalkan dengan mengkonsumsi antasida. Ibu hamil juga dapat mencoba makan makanan dalam jumlah yang lebih kecil dengan sering. Hindari minuman berkarbonasi. Ketika berbaring, tinggikan kepala dan bahu. Selamat mencoba.