Makanan yang Baik bagi Ibu Menyusui

  • 9 September 2019
  • 13 views
Makanan yang Baik bagi Ibu Menyusui Makanan yang Baik bagi Ibu Hamil dan Ibu Menyusui

Selain membutuhkan banyak waktu, seorang ibu menyusui memerlukan energi ekstra. Tak jarang ibu menyusui mengalami kekurangan waktu tidur lantaran melayani si kecil. Tapi itulah perjuangan ibu menyusui.

Oleh karena itu, ibu menyusui membutuhkan keseimbangan gizi pada tubuhnya. Ia harus memberikan perhatian pada tubuhnya di samping menjaga pertumbuhan bayinya dengan ASI.

Setidaknya, ibu-ibu menyusui mengkonsumsi lima jenis makanan agar dapat menjaga kesehatan dan energi pada tubuhnya. Kelima makanan ini tentu memiliki beragam bentuk yang dapat dipilih sesuai selera masing-masing.

Pertama, kalsium. Tubuh ibu menyusui akan kehilangan kalsium akibat ASI yang dikeluarkan. Kalsium dapat hilang dari tubuhnya hingga 300 miligram per harinya.

Dengan demikian, ibu menyusui sangat memerlukan menjaga makanan yang mengadung kalsium seperti susu, yoghurt dan keju. Dengan menjaga santapan ini, seorang ibu dapat memelihara tulang dan giginya agar tetap kuat. Makanan ini juga bisa mencegah osteoporosis hingga melancarkan fungsi otot, otak dan sistem saraf.

Kedua, protein. Jenis makanan ini mudah ditemukan di pasar tradisional maupun toko modern. Kelompok makanan ini seperti ikan, daging, telur dan biji-bijian.

Dengan menjaga santapan yang mengandung protein, seorang ibu menyusui dapat menjaga kekebalan tubuhnya. Selain dapat membuat regenarasi sel, protein juga dapat mengatur kerja hormon dan ezim dalam tubuh.

Ketiga, vitamin. Kandungan ini diperlukan untuk membantu kelancaran penyerapan zat gizi dan proses metabolisme tubuh. Kandungan vitamin dapat ditemukan pada makanan seperti sayuran hijau dan buah-buahan.

Keempat, karbohidrat. Jenis makanan ini dapat ditemukan pada nasi, roti, gandum dan lain-lain. Seorang ibu menyusui perlu menjaga porsi makanan jenis ini karena dapat mendatangkan energi selain membentuk protein dan lemak dalam tubuh.

Untuk jenis makanan yang satu ini, seorang ibu menyusui setidaknya makan dengan porsi cukup dan tidak kurang dari cukup. Ini karena ia membutuhkan energi yang banyak.

Kelima, cairan. Seorang ibu menyusui harus memperhatikan ketersediaan cairan pada tubuhnya. Ia sebaiknya meminum setidaknya delapan gelas sehari atau satu sampai dua liter air sehari semalam. Hal ini dapat mengganti cairan hilang dalam tubuh akibat ASI yang dikeluarkan. Selain rajin meminum air putih, seorang ibu dapat mengkonsumsi susu dan sari buah.

Semua jenis makanan di atas sejatinya bisa didapatkan dengan harga yang murah meriah. Meski murah, semua jenis makanan di atas tergolong kaya akan gizi.

Ada baiknya juga ibu-ibu menjadikannya sebagai menu harian di rumah mengingat pentingnya kandungan gizi di dalamnya. Dengan begitu, mereka juga dapat membiasakan bayinya dengan santapan tersebut ketika si mungil telah mampu mengkonsumsi menu tambahan.